Minggu, 07 Desember 2014

MAKALAH JAVA



MAKALAH  JAVA
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas kejuruan Teknik Informatika

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5mReSUMC88YZe4X0CgKr6Snrh5Etx9ow8XmigpGXVvn6ibohSN0qv_afLBVMhEKfsMkoI9Gowpv7cSjeE_ZEWDv64H5NBR-hdsKpHeWdvQBnjdD9BNJ_zUYUagUhFo-3I-wAS9a_hD9JB/s1600/j.jpg



Disusun Oleh:
                   Nama                 :
                   NIM           :
                   Jurusan              :

Guru Pembimbing            :Septia Lutfi S,COM.M,COM
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Teknik Informatika ini dengan judul “pembahasan java”. Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Teknik Informatika.

Saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya makalah ini dari para pembaca. Saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi pembaca umumnya.













DAFTAR ISI
Cover............................................................................................................................... i
Kata Penagantar............................................................................................................. ii
Daftar Isi......................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang........................................................................................................... 4
B. Rumusan Masalah...................................................................................................... 6
C. Tujuan Penulisan........................................................................................................ 6
BAB II PEMBAHASAN
A.Pengenalan java.......................................................................................................... 7
B. Pengertian Java.......................................................................................................... 7
C. Sejarah  Java............................................................................................................... 8
D.Sebagai sebuah bahasa pemrograman...................................................................... 9
E. Kelebihan Java............................................................................................................ 12
 F.Kelemahan Java.......................................................................................................... 14
G.Manfaat Aplikasi Java................................................................................................. 14
H. Java Sebagai Suatu Platform...................................................................................... 18
I. Cara kerja java, secara umum.................................................................................... 22  

BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan.................................................................................................................. 24
B.Daftar Pustaka............................................................................................................. 25


BAB I
PENDAHULUAN
      A.    Latar Belakang
Perkembangan Globalisasi informasi dan konvergensi diabad ke-21 ini telah dan sedang mengalami gencar-gencarnya inovasi dan kreatifitas dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi pengetahuan sekarang ini menyebabkan manusia berusaha untuk mampu dan bisa merealisasikan mimpi-mimpi masa lalu. Perangkat keras yang lebih baik, perangkat pengolahan yang lebih kecil namun berlipat ganda kuatnya, dan dengan berbagai kombinasi perangkat lunak yang lebih besar dan kompleks dan ini sekaligus juga mudah dipakai, lebih handal, bahkan gratis untuk Open Source software, di tambah lagi dengan perkembangan jaringan baik itu Internet maupun wireless network dalam fase inflasioner dengan beraneka ragam perangkat keras dan lunak di dalamnya.
Semua hal diatas menyebabkan kita harus berhenti untuk berfikir dan merenung sejenak bagaimana kita bisa mengelola kompleksitas yang tinggi dan perubahan yang cepat tersebut. Teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu bidang garapan yang amat kompleks, yang sebenarnya disini terjadi berbagai kombinasi dan juga pengembangan gabungan dari berbagai disiplin ilmu yang amat kompleks dan diharapkan menjadi teknologi yang simple multitasking dan juga mudah untuk dipelajari, baik itu dari segi software, hardware dan ataupun perkembangan jaringan teknologi itu sendiri. Dalam perkembangan kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah mengenai perkembangan software yang sangat melejit sangat cepat, bahkan bisa dibilang kecepatanya menyaingi perkembangan hardware sebagai tempat platform software itu sendiri.
Perkembangan software yang sangat cepat ini, membuat kita seharusnya selalu ingin tahu teknologi apa yang paling baru yang sedang beredar. Bilang saja dalam perkembangan software yang selalu berinovasi ini yang mencoba mampu digunakan dan padat berjalan bukan saja dalam ranah PC/Dekstop ataupun Laptop, nanun juga dapat berjalan dalam  piranti-piranti yang ada di rumah (small embedded customer device) seperti TV, telepon/ handpone/ Smartphone, radio, dan sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Dan hal ini ternyata sudah dilakukan oleh java, sebuah platform bahasa pemrograman yang sederhana, namun mampu dan telah melakukan berbagai hal-hal diatas.
Dari berbagai latarbelakang perkembangan teknologi informasi dimasa sekarang dan kenyataan eksistensi perkembangan software. Dalam kesempatan ini akan membahas bahasa pemrograman java, sebagai sebuah peralatan pembuat software yang telah teruji dan produknya paling banyak berkembanga dan beredar dimasa sekarang.
Mengapa penting kita belajar java?
      Standarisasi yang dilakukan dalam membuat suatu bahasa pemrograman yang mampu berjalan diberbagai platform atau platform independence. Salah satu teknologi Java adalah  “write once run everywhere”, dan ini menjadi suatu kekuatan yang dimiliki Java. Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu kompilasi ulang. Untuk komunikasi bergerak,  Sun Microsystem mengenalkan  Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan bagian teknologi Java yang digunakan untuk aplikasi Java yang berjalan pada perangkat mobile device dan teknologi aplikasi wireless. J2ME atau Java 2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel/ smartphone, mulai dari aplikasi yang berupa permainan, editing, komunikasi sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar. Keberadaan J2ME digunakan sebagai pusat pengembang untuk aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java Card, MIDP, dlL.
           Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di release tahun 1991 dengan nama kode Oak yang kemudian pada tahun 1995 berganti menjadi Java. Visi Java adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Dan hal inilah yang sedang berkembanga pesat dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam hal pemrograman untuk teknologi ponsel smartphone.









B.     RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini rumusan masalahnya adalah
a)   Bagaimana Pengenalan Java?
b)   Bagaimana Pengertiaan Java ?
c)   Bagaimana Sejarah Java?
d)   Sebagai Sebuah Bahasa Pemrograman ?
e)   Apa kelebihan java ?
f)    Apa kekurangan java?                                                                                 
g)    Apakah manfaat dari java?
h)   Java Sebagai Suatu Platform?
i)    Cara kerja java, secara umum?

      C.     TUJUAN
Tujuan dari penyusunan Makala ini adalah:
a.       Sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi.
b.   Sebagai bahan pembelajaran mengenai perkembangan teknologi informasi khususnya bahasa pemrograman Java.
c.       Dapat memahami, mengerti dan mendalami tentang teknologi Java





BAB I
PENDAHULUAN

A.Pengenalan Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.
Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)
Pemisalan Objek dalam OOP
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem,mempercepat, 
ubah gir).
Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.


B.Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.
Slogan Java adalah “Tulis sekali, jalankan di manapun”. Sekarang ini Java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.

          


C.Sejarah java

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan nama Java, sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems. Di bagian awal ini, kita akan mengulas tentang sekilas Java yang ditinjau dari aspek lingkungan pengembangan dan produk. Diharapkan ulasan ini nantinya dapat memperjelas terminologi ataupun pernyataan-pernyataan yang kerap kali membingungkan, terutama bagi yang baru mengenal Java.
Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, 7 Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.


D.Sebagai Sebuah Bahasa Pemrograman

Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.
Java memiliki karakteristik berikut :
1.  Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
2.. Terdistribusi (Distributed)
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.
3. Interpreted
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
4. Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.


5. Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
6. Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java Virtual Machine.
7. Portable
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.  
8. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
9. Dynamic
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.
1. Pahami semua penggunaan keyword
Buatlah tabel keyword, kemudian centang yang telah anda kuasai.
Semua dicentang; Anda telah mengetahui menggunakan java (belum bisa untuk membuat aplikasi sesungguhnya).
Dalam mempelajari keyword java, Anda harus tidak sekedar bagaimana keyword tersebut digunakan tetapi
kenapa seperti itu?.
2. Java kaya dengan perpustakaan class-class-nya.
Java adalah pemrograman berobjek untuk dibuat objek
sehingga jika Anda menginginkan membuat sebuah program dengan tujuan tertentu maka anda harus bersusah payah
untuk mencampur banyak objek tersebut,memang susah, tetapi program yang kita buat lebih mudah untuk dikembangkan
sesuai dengan keadaan penggunaan program.
Yang menjadi masalah utama bagi setiap orang yang mempelajari java adalah tidak mengetahui fungsi dan bagaimana menggunakan kelas-kelas pustaka java tersebut, karena tidak tahu apa yang
mau dikombinasikan.Java tersebut dapat Anda gunakan, dengan demikian mengkombinasikan class tersebut hanya masalah logika saja. Karena setiap kita punya kemungkinan logika yang berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama ,mungkin Anda melihat cara-cara penulisan yang berbeda, Anda harus menghargai itu, karena itu adalah pemikiran manusia.
Sekeder untuk meperjelas maksut poin 2:
Untuk membuat teh Anda harus tau:
+ gula : manis, bentuknya kayak pasir
+ air : cair, air ada yang panas, ada yang dingin
+ gelas : tempat air
+ sendok : mengaduk sesuatu
+ daun teh kering : dapat larut dalam air, cepar larut kalo airnya panas,
Mungkin Anda mengeluarkan pernyataan “’ saya sudah tau gula memang manis, air cair, dan tidak bingung kalau mau membuat teh”.
Memang benar, tapi coba Anda urutkan proses kehidupan Anda sejak lahir, apakah begitu terlahir Anda mengetahui gula itu
manis, air itu cair. Mungkin sewaktu Anda berumur 1 atau 2 bulan, pernah berusaha dengan sangat serius dan konsentrasi
Percaya diri, optimis bagaimana caranya bisa menggenggam air, tapi ternyata tidak bisa karena air itu bersifat cair. Mungkin juga
saat anda berumur satu tahun, pernah mengunyah cabe yang lucu dan imut-imut , kemudian Anda mengetahui betapa pedasnya
memakan cabe.Cerita ini menunjukan ada proses dan informasi yang anda terima untuk mengetahui bahwa gula itu manis dan air itu cair.Dengan pengetahuan anda tersebut maka Anda dapat membuat secangkir teh dengan rincian sebagai berikut:
“gelas yang diisi air yang berjenis panas yang dimasukan daun teh berjenis kering dan gula secukupnya,diaduk menggunakan sendok agar cepat larut”
Karena manusia yang selalu berpikir tentu akan mencari-cari cara agar teh dapat dibuat dengan lebih baik
dan nyaman, ternyata ditemukanlah saringan teh yang dapat memisahkan daun teh dengan airnya
sehingga didalam gelas tidak ada serat daun teh.
manusia yang berpikir dan tidak mau menerima begitu saja.Berpikir terus, ternyata saringan teh bisa digunakan dengan kertas khusus yang membungkus daun teh dan diberi tali beberapa cm, ini adalah teknologi baru. teknologi ini adalah teh celup, Tentunya kita tidak akan menemukan dari alam ciptaan Tuhan tiba-tiba ada secangkir teh yang. Tuhan menciptakan alam ini, kitalah berpikir bagaimana menggunakannya.Seperti itulah analogi bagaimana Anda memandang java.
 3. Program pada intinya digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, karena pekerjaan manusia sangat komplek.Maka banyak belajar dan membuat jenis program yang dibuat untuk kebutuhan manusia tersebut.

E.Kelebihan java

  Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft WindowsLinuxMac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
  OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
  Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
Kekurangan
  Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
  Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

 

F.Kekurangan java

  • Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

G.Manfaat aplikasi java

Aplikasi facebook
Facebook termasuk dari salah satu social networking platform yang paling populer. Jejaring seperti Facebook tidak hanya menghubungkan satu orang dengan orang lainnya di dunia tanpa batas, akan tetapi menciptakan komunikasi atas profil, kegemaran, dan terutama pencitraan. Tidak mengherankan apabila jejaring sosial (social networking) seperti Facebook sering dimanfaatkan untuk keperluan promosi, kampanye, bahkan propaganda. Tidak hanya untuk mengkomunikasikan citra individu, akan tetapi termasuk pula kelompok, organisasi, maupun produk. Di tahun 2008 lalu, Facebook bahkan mampu mengalahkan popularitas jejaring sosial ternama lainnya seperti MySpace, Friendster, dan Multiply. Siapapun bisa memanfaatkan ataupun mengoptimalkan Facebook Di sini disediakan dua buah ebook panduan menggunakan Facebook untuk pemula (for Dummies)dan tingkat lanjut (advanced user).

 Aplikasi online Facebook tidak hanya mampu mengkomunikasikan melalui pesan, akan tetapi mampu pula menciptakan komunikasi interaktif online. Di antara situs jejaring sosial, Facebook memiliki fitur yang paling lengkap. Mereka yang memanfaatkan aplikasi jejaring online Facebook tidak hanya individu, akan tetapi kelompok, organisasi, dan bahkan suatu negara. Tentunya kita masih ingat ketika Israel pernah memanfaatkan Facebook (bersama dengan Twitter) untuk membela kepentingan mereka di Jalur Gaza.


Aplikasi opera mini
Opera Mini adalah penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel, dan juga untuk PDA Phone dan SmartphonePenjelajah Web ini tersedia dalam Java , AndroidWindows MobileiOSBlackBerry OS, UIQ3, Symbian, dan Zeebo. Opera Mini adalah sebuah aplikasi yang gratis, didukung melalui kemitraan antara para pengembang, yaitu Opera Software, situs aplikasi gratis Gamejump, situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google.
Opera Mini berasal dari penjelajah web Opera untuk komputer pribadi, yang telah tersedia untuk umum sejak 1996. Opera Mini pada awalnya dirancang untuk ponsel yang telah mampu terkoneksi atau tersambung ke jaringan internet. Opera Mini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 Agustus 2005sebagai pilot project dalam kerjasama dengan stasiun televisi NorwegiaTV 2. Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya tersedia untuk pelanggan TV 2.
Opera Mini terbaru mempunyai fitur yang tidak ada pada browser bawaan ponsel biasa yaitu mengupload file secara langsung. Opera Mini terkenal akan dengan kecepatan browsingnya yang cukup cepat, biasanya lebih cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan lainnya dari Opera Mini adalahtarifnya yang relatif lebih murah dari browser bawaan milik ponsel ini dikarenakan Opera Mini dapat mengkompres suatu halaman sampai 90%. Keunggulan yang menarik ialah dapat menyimpan halaman website yang dianggap penting atau menarik oleh penggunanya, dan selanjutnya disimpan di folder yang telah dipilih pengguna pada memori telepon atau kartu memori. Opera Mini juga dapat menyinkronkan bookmark, dan tekan cepat ke akun milik anda diKomunitas Opera. Versi Opera Mini 6 menyertakan fitur Share yang memungkinkan pengguna membagikan halaman yang dibaca ke account jejaring sosial FacebookTwitter, dan My Opera.
Aplikasi kamus
Aplikasi Kamus sangat berguna dalam berbahasa, tahap pembelajaran kamus berperan penting dalam memahami kosa kata. Semangat belajar berbahasa tentu dilengkapi fasilitas yang lengkap diantaranya kamus tebal yang di bawa-bawa sepanjang waktu. Anda tidak perlu repot lagi membawa kamus yang tebal, karena ada solusi jitu yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti. karena dengan menggunakan aplikasi kamus bisa mengurangi kepikunan sebab tanpa kita sadari aplikasi kamus mengajak  agar orang sedikit berfikir dan menganalisa tentang bahasa yang ingin di mengerti. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat mengurangi kepikun dalam usia yang sudah lanjut usia.
Sesuai dengan konsep belajar bahasa yang menyarankan agar kita praktek kapanpun dan dimanapun kita merasa senang untuk belajar Software kamus  ini ada dalam  versi sesuai dengan sistem yang lebih banyak dipakai oleh pengguna aplikasi mobile yaitu dalam bentuk Java.

Aplikasi game
Bermain game juga ada manfaatnya. Manfaatnya yang selama ini saya dapatkan adalah melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris. Manfaat yang terakhir ini sungguh luar biasa, kita sebagai orang Indonesia sangat buruk dalam mempelajari bahasa Inggris tetapi dengan bermain game mau tidak mau kita harus belajar bahasa Inggris agar kita bisa memecakan permasalahan yang ada didalam pemainan game agar kiata bisa memenangkan game itu. Karena bahasa yang digunakan dalam game pada umumnya adalah bahasa Inggris, dan dialog, pengantar, tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga semakin sering kita bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa Inggris. Hasil penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali. Manfaat dari bermain game juga dapat dirasakan bagi orang yang sudah tua atau dengan kata lain lanjut usia karena dengan bermain game bisa mengurangi kepikunan sebab tampa kita sadari game mengajak pemainnya agar sedikit berfikir dan menganalisa bagaimana cara menyelesaikan permain game. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat ngurangi kepikun dalam usia yang sudah lansia. Ternyata maksud dari semua pembuat game dan kebanyakan programmer game adalah berusaha melatih kepekaan, problem solving, dan logika pemain ketika dihadapkan pada suatu keadaan yang kurang menguntungkan, dibumbui dengan kejutan2 dan ketegangan yang memompa adrenalin dan emosi. Contohnya : KONAMI, pembuat game SILENT HILL, dan developer game2 yang lain ingin mengatakan bahwa “dalam keadaan serba sulit, asal kita mau berusaha, pasti ada jalan keluarnya”

Jadi manfaat dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:
  • Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
  • Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
  • Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
  • Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
  • Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
  • Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
  • Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuha




H.Java Sebagai Suatu Platform
Gambar 1.3 Platform Standard Java SE 1.4
Platform adalah suatu lingkungan hardware atau software yang suatu program dapat berjalan di dalamnya. Contoh platform adalah Microsoft Windows, Solaris OS, Linux, dan Mac OS. Suatu platform biasanya hasil kombinasi dari sistem operasi dan seperangkat hardware. Terminologi pemrograman Java bukan hanya merujuk pada suatu bahasa pemrogramman, melainkan juga sebagai suatu platform. Tapi platform Java hanya terdiri dari komponen software (tanpa komponen hardware) dalam hal ini adalah untuk menjalankan hardware.
            Platform Java
1.      Sebagai Virutual Mesin
Java Virtual Machine (JVM) adalah mesin virtaul yang menerjemahkan dan mengkomunikasikan bytecode-bytecode java ke dalam bahasa mesin. Bytecode java adalah adalah file hasil kompilasi kode java (ekstensi filenya adalah .class). Jika sutu program java bernama ProgramA.java dikompilasi maka hasilnya adalah Program A.class (inilah bytecode java). Sebenernya paradigma pemrogramman dengan cara mengkomunikasikan/menginterpretasikan kode (dalam java adalah bytecode) menurut para ahli kurang bagus dari sisi performance (kecepatan). Namun JVM mencoba mengatasi masalah ini dengan menerapkan teknik just in time (JIT) compilation yaitu java bytecode langsung dikompilasi menjadi bahasa mesin untuk kode-kode program yang dijalankan secara berulang-ulang.
·         2.      Java Sebagai Application Programming Interface (API)
·         API merupakan sekumpulan komponen software (kelas-kelas dan interface-interface java) siap pakai yang memiliki berbagai kegunaan dan kemampuan yang berbeda-beda. Sekumpulan kelas-kelas dan interface-interface yang saling berkaitan diorganisasikan dalam suatu daftar pustaka/ library. Library ini dikenal dengan sebutan package (paket).
·         Beberapa fitur yang ditawarkan Java API antara Iain sebagai berikut :
·         1.      Applet
·         2.      Java Networking
·         3.      Java Database Connectivity (JDBC)
·         Java Database Connectivity (JDBC) adalah sebuah Application Programming Interface (API) pendukung bahasa pemrograman Java yang mendefinisikan bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah database. JDBC menyediakan metode-metode untuk query dan update data dalam database. Java SE menyertakan JDBC API bersamaan dengan implementasi ODBC (Open Database Connectivity merupakan sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data)  untuk memudahkan koneksi ke database apa saja.JDBC disertakan dalam bentuk driver yang bersifat Close Source dan telah menjadi bagian terintegrasi dari Java Standard Edition sejak rilis versi JDK 1.1.
·         Kelas-kelas JDBC termuat dalam paket Java.sql. Berawal dari versi 3.0, JDBC kini telah dikembangkan secara pesat dalam Java Community Process. JSR 54 mendefinisikan JDBC 3.0 (temuat dalam J2SE(standard edition) 1.4). JSR 114 mendefinisikan penambahan JDBC Rowset, dan JSR 221 adalah merupakan spesifikasi dari JDBC 4.0 (termuat dalamJava SE6). JDBC memudahkan berbagai implementasi terhadap bermacam-macam aplikasi yang telah tersedia dan memudahkan pula penggunaan oleh aplikasi yang sama. Oleh API kemudian disediakan mekanisme yang secara dinamis mampu memuat paket Java yang tepat dan mengasosiasikan diri ke JDBCDriver Manager. Driver Manager disini berfungsi sebagai sumber koneksi untuk menangani dan membuat seluruh koneksi JDBC. Koneksi JDBC mendukung proses pembuatan dan eksekusi statement. Statement-statement ini dapat berupa statement yang dapat di-update seperti INSERT, UPDATE,SQL CREATE, dan DELETE atau berupa statement yang membutuhkan query seperti SELECT, dll. Jenis-jenis statement antara lain:
·         a.       Statement: statement ini dikirim ke server database satu persatu dan kontinu setiap saat.
·         b.      PreparedStatement: statement ini tersimpan dalam cache yang kemudian jalur eksekusinya telah digolongkan di server database untuk kemudian mampu dieksekusi berulang kali.
·         c.       Callable Statement: statement ini digunakan untuk mengeksekusistored procedure di database.
·         Statement-statement update seperti INSERT, UPDATE, dan DELETE memberikan nilai fadback berupa informasi berapa jumlah baris di database yang telah diperbaharui. Statement-statement ini tidak memberikan informasi hal yang lain. Lain halnya dengan statement-statement query, ia memberikan fedback berupa serangkaian hasil baris JDBC. Hasil baris ini digunakan untuk mengetahui nilai-nilai yang terdapat dalam rangkaian hasil. Sedangkan nilai dari tiap-tiap kolom dalam sebuah baris diperoleh dari pendefinisian nama kolom ataupun nomor kolom yang bersangkutan. Hasil baris juga memiliki metadata yang menjelaskan nama dari masing masing kolom yang mereka bawa dan tipe mereka.
·         4.      Java Security
·         Dalam upaya mendukung pembuatan aplikasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi, Java menyediakan suatu model pengamanan yang awalnya dikenal sebagai model sandbox, model ini pada prinsipnya bertugas untuk membatasi aplikasi apllet. Seiring perkembangannya, Java memperbaiki model sandbox menjadi fitur-fitur pendukung security secara khusus diimplementasikan melalui API Java Security dan dicerminkan oleh paket java.security. Paket ini menyediakan koleksi kelas dan interface yang mudah untuk dikonfigurasi.
·         a.       Provider
·         Kelas ini mewakili provider API Java Security, provider menerapkan beberapa atau semua bagiankeamanan Java. Layanan – layanan yang diberikan oleh provider meliputi algoritma kriptografi, pembentukan key, konversi dan fasilitas pengelolaan
·         b.      Message Digest
·         Sebagai kriptografi checksum atau secure hash.Message digest digunakan untuk meningkatkan keamanan transformasi data, seperti password. Dalam implemetasinya, nilai message digest diperbandingkan dengan nilai asli. Paket java.security mengimplementasikan message digest melalui kelasMessageDigest. Untuk menghasilkan message digest, menggunakan algoritma MD5 (Message-Digest algortihm 5) ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value128-bit) atau SHA-1(secure hash algorithm) adalah fungsi hash kriptografi dirancang oleh National Security Agency Amerika Serikat dan diterbitkan oleh NIST Amerika Serikat sebagai US Federal Information Processing Standard. SHA - 1 menghasilkan 160 -bit ( 20 - byte ) nilai hash . Sebuah nilai SHA - 1 hash biasanya dinyatakan sebagai angka heksadesimal , 40 angka.
·         5.      Java Swing
·         Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan diberbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris
·         6.      Java RMI
·         RMI (Remote Method Invocation) adalah cara programmer Java untuk membuat program aplikasi Java to Java yang terdistribusi. Program-program yang menggunakan RMI bisa menjalankan metode secara jarak jauh, sehingga program dari server bisa menjalankan method di komputer klien, dan begitu juga sebaliknya.
·         Java RMI yang ada pada bahasa Java telah didesain khusus sehingga hanya bisa bekerja pada lingkungan Java. Hal ini berbeda dengan sistem RMI lainnya, misalnya CORBA, yang biasanya didesain untuk bekerja pada lingkungan yang terdiri dari banyak bahasa dan heterogen. Pemodelan objek pada CORBA tidak boleh mengacu pada bahasa tertentu.
·         Sistem RMI terdiri atas tiga layer/lapisan, yaitu:
·         a.       Stub/skeleton layer, yaitu stub pada sisi klien (berupa proxy), dan skeleton pada sisi server.
·         b.      Remote reference layer, yaitu perilaku remote reference (misalnya pemanggilan kepada suatu objek)
·         c.       Transport layer, yaitu set up koneksi, pengurusannya dan remote object tracking.
·         Batas antar masing-masing layer disusun oleh interface dan protokol tertentu, yaitu tiap layer bersifat independen terhadap layer lainnya, dan bisa diganti oleh implementasi alternatif tanpa mengganggu layer lainnya. Sebagai contoh, implementasi transport yang digunakan RMI adalah yang berbasis TCP (menggunakan Java socket), tapi bisa digantikan dengan menggunakan UDP.
·         7.      Java 2D/3D
·         8.      Java Server Pages (JSP)
·         9.      Java Native Interface (JNI)
·         10.  Java Sound/Media
·         11.  Java Interface Definition Language (JIDL) +
·         12.  Common Object Request Broker (CORBA)
·         13.  Java Car
·         14.  Java Telephony API (JTAPI)



I.Cara kerja java, secara umum
Ada dua paradigma yang digunakan dalam pembuatan suatu bahasa pemrogramman:
1.      Pertama dengan cara Menginterpretasi kode-kode program, setiap kali suatu kode akan diekseksui oleh mesin, kode-kode tersebut diterjemahkan dulu ke bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin (bahasa biner). Dalam hal ini persis seperti posisi seorang penerjemah yang menjembatani dua orang yang saling berkomunikasi dengan menggunakan dua bahasa yang berbeda. Posisi penerjemah sangat sibuk, mendengarkan si pembicara kemudian menyampaikannya dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh lawan bicaranya. Sang interpreter menerjemahkan kode-kode program ke suatu bahasa yang bisa dimengerti oleh mesin. Contoh bahasa pemrogramman dengan teknik interpreter adalah Phyton, PHP dan PERL.
2.      Kedua dengan meng-compile kode-kode program tersebut langsung menjadi bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin. Mungkin analoginya ini seperti orang yang menerjemahkan suatu surat dari bahasa yang satu kepada bahasa yang lain. Ketika surat tersebut sudah diterjemahkan, si penerima langsung mengerti isi keseluruhan surat tersebut tanpa memerlukan perantara lagi. Contoh bahasa pemrogramman dengan teknik kompilasi adalah C dan C++.
Melihat gambaran yang diberikan, biasanya suatu bahasa pemrogramman dengan menggunakan teknik kompilasi jauh lebih cepat dibandingkan bahasa pemrogramman yang menggunakan teknik interpreter (penerjemah). Tapi pemrogramman dengan teknik kompilasi biasanya memilik kelemahan yaitu OS Dependent (ketergantungan pada Operating System – Sistem Operasi), artinya hasil kompilasi program pada system operasi tertentu tidak bisa dijalankan pada sistem operasi yang berbeda. Misal anda membuat aplikasi dengan menggunakan bahasa C (C menggunakan teknik kompilasi) pada Windows XP maka program tersebut tidak bisa dijalankan pada sistem operasi linux. Sementara pada program dengan teknik interpretasi, ketergantungan OS ini dapat diatasi. Anda menulis skrip python, baik menjalankannya pada linux ataupun windows hasilnya akan sama saja.
Terus teknik apa yang digunakan oleh java? Java menggunakan kedua teknik tersebut. Pertama kode-kode bahasa java di-compile menjadi byte code, kemudian oleh JVM, byte code – byte code ini diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Berikut gambaran bagaimana suatu program java dikonstruksi sampai dijalankan.

Gambar 1.2,  Alur Kerja Pemrograman Java
1.      Pertama-tama program yang kita tulis dikompilasi menjadi Java bytecode (kode byte)
2.      Bytecode : kode yang independen terhadap platform
3.      Bytecode tadi diinterpretasikan oleh platform Java yaitu Java Virtual Machine.
4.      Interpreter menguraikan (parse) dan menjalankan instruksi bytecode dalam komputer.
5.      Program yang telah dikompilasi menjadi bytecode, maka Java menjadi suatu bahasa yang memiliki julukan “write once, run anywhere” yaitu bahasa sekali ditulis dan dikompilasi dapat dijalankan dimanapun.











BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad ke-21 ini menuntut kita untuk selalu berkembanga dan mampu sejalan dengan perkembangan teknologi yang terkini, dalam hal ini adalah perkembangan software baik itu dalam pengetahuan, mengetahui perkembangan dan menggunakannya, atau bahkan dalam mengembangkan software. Perkembangan teknologi khususnya software, ini tidak terlepas dari keberadaan pemrograman Java, sebagai salah satu program pengembang teknologi, bahasa pemrograman Java sebagai sebuah peralatan software yang tenar dimasa sekarang, pemahaman kita akan kemajuan teknologi amatlah penting dan akan lebih bermanfaat jika kita mampu menggunakan, mengimplementasikan bahakan membuat sebuah program dengan aplikasi Java ini, sehingga kita bisa mewarnai dan juga menyeimbangi perkembangan dunia teknologi saat ini.Keberadaan java saat ini khususnya dalam dunia programmer, sangatlah penting dan sangat berpengaruh dalam perkembangan berbagai aplikasi-aplikasi dari aplikasi yang sederhana hingga aplikasi yang sangat rumit dan besar. Keberadaan java ini membuat mudah kita dalam mengembangakan dan juga membuat sebuah program apalikasi, bagi kita yang ingin menekuni dan berkiprah dalam dunia programmer, saat ini yang paling tepat untuk diperalajari adalah bahasa pemrograman java dan ini dilansirkan bahwa akan tetap eksis sampai masa mendatang, bahakan melebihi keberadaan bahasa C, C++, Delphi, Pascal, Visual Basic dan bahasa pemrograman yang lain.
Java sebagai platform pengembang berbagai aplikasi, khususnya aplikasi pada mobile, telah memenuhi standar eksistensi bahasa pemrograman, yang sekelas dengan visual basic sebagai bahasa pemrograman yang telah dulu ada. Bahkan bisa dibilang penggunaannya semudah bahasa C dan kemampuan setangguh bahasa C++, selain sifatnya yang mudah karena kesederhanaannya, berbagai keunggulan kenapa java harus dipelajari adalah, pemrograman yang berorientasi pada objek, open platform, aplikasi berbasis WEB, mempunyai banyak fitur, dan bukan sekedar bahasa tapi juga platform sekaligus arsitektur. Java mempunyai portabilitas yang sangat tinggi. Ia dapat berada pada smartcard, pager, POS (Point of Service), handphone, PDA, palm, TV, Embedded device (PLC, micro controller), laptop, pc, dan bahkan server).



B.Daftar  Pustaka

1 komentar: